Sabtu, 13 Agustus 2011

AAR ( Awas Ada Rokok ) Cikiciew !!!

HAHAHAHAHA pasti temen-temen blog pada galau dah kenapa judul postingan gue kali ini AAR.. Buat temen-temen bloggers yang pada demen nonton AAS or Awas Ada Sule pasti tau dah itu judul gue iseng ngambil dari situ.. Nah, untuk postingan kali ini nih, gue mau berbagi cerita dan lain-lainnya tentang rokok.. Siapa tau dari postingan ini temen-temen yang demen banget sama rokok, langsung berenti seketika dah ngerokoknya.. HAHAHAHA aminnnnn.... . Langsung mulai nyok !!!





ROKOK adalah gulungan bubuk tembakau yang mengandung senyawa psikoaktif yang disebut nikotin. Bubuk-bubuk tembakau dalam rokok telah banyak diberi zat adiktif seperti cengkih, kemenyan, klembak, dan zat-zat organik lainnya. Asapa rokok juga berbahaya bagi kesehatan. Ketika seseorang merokok, asap rokok akan masuk kedalam sistem pernapasan hingga ke paru-paru. Orang-orang yang tidak merokok tetapi berada didekat perokok akan menghirup asap yang sama. Orang seperti ini disebut sebagai perokok pasif. Sedangkan orang yang merokok disebut perokok aktif.

Racun pada rokok yang paling berbahaya adalah NIKOTIN, TAR, dan KARBON MONOKSIDA.
nah berikut dibawah ini nih gambar yang gue ambil dari http://wakakak.net/kartun-gambar-lucu-bahaya-merokok.html

Nah berikut ini nih zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok plus penjelasannya :

1. Karbon Monoksida (CO)
Karbon Monoksida dikenal sebagai zat racun. Pada batas jumlah tertentu, manusia akan mati menghirup gas ini. Gas monoksida akan mengikat hemoglobin pada darah manusia sehingga kemampusan fungsi darah untuk mengikat oksigen berkurang.

2. Nikotin
Nikotin adalah senyawa kimia berbahaya. Nikotin dapat menimbulkan efek ketagihan atau ketergantungan serta menyebebkan tumbuhnya sel-sel kanker pada paru-paru. Nikotin pada asap rokok yang diisap hanya membutuhkan waktu 9 detik untuk mencapai otak manusia. Akibatnya tekanan darah naik, ritme pernapasan meningkat, dan sistem saraf pusat terstimulasi.

3. Tar
Tar merupakan sisa pembakaran yang dapat kita lihat pada pipa rokok. Warnanya hitam dan lengket. Tar juga akan membuat gigi,jari, dan kuku perokok berwarna kuning kehitaman. Zat sisa ini amat berbhaya karena merupakan bahan karsinogenik (bahan penyebab kanker). Selain itu, tar mengakibatkan gerakan rambut getar disaluran pernapasan berhenti. Padahal, rambut getar ini berfungsi untuk mencegah bahan-bahan yang berbahaya masuk ke saluran pernapasan.

4. Nitrogen oksida
Pada dosis yang cukup, gas ini dapat menimbulkan keinginan tertawa spontan yang tidak jelas alasanya. Gas ini dapat menekan rasa sakit pada manusia sehingga digunakan sebagai obat bius di bidang medis.

5. Hidrogen sianida (HCN)
Gas hidrogen sianida adalah gas racun yang juga sangat berbahaya bagi manusia

6. Amonia
Amonia adalah gas yang berbau sangat busuk, beracun, dan bersifat korosif

7. Metanol
Metanol adalah senyawa kimia dari alkohol sederhana yang juga bercaun

APA AJA SIH PENGARUH ROKOK BUAT KESEHATAN LO ?

1. Otak
Nikotin yang terdapat dalam rokok mempengaruhi kerja otak dan menyebabkan kecanduan

2. Kulit
Kluit kusam dan cepat keriput karena aliran darah ke kulit berkurang. Bisa terkena psoriasis, yaitu penyakit kulit menahun yang sangat gatal, ditandai oleh kulit kemerahan, kering, dan mengelupas berupa serpihan warna perak.

3. Jari dan Kuku
Tar yang terdapat dalam tembakau membuat jari berwarna kuning dan kuku berwarna hitam

4. Mata
Merokok meningkatkan resiko terkena katarak. Katarak adalah gangguan pada mata karena lensa mata keruh/tidak jernih, sehingga penglihatan terganggu

5. Mulut
Gigi menjadi berwarna kuning napas berbau.. Perokok beresiko terkena kanker mulut, lidah, dan bibir

6. Tenggorokan
Senyawa kimia pada rokok merangsang selaput lendir mengeluarkan lendir. Ini menyebabkan, perokok biasanya mengeluarkan benyak dahak dan sering batuk. Perokok juga lebih mudah terserang kanker tenggorokan.

7. Paru-paru
Perokok lebih banyak yang terserang kanker paru-paru daripada buka perokok. Selain itu, perokok juga lebih mudah terserang bronkitis (radang saluran pernapasan/bronkus), sesak napas asma, dan efisema (paru-paru bengkak)

8. Jantung
Zat-zat pada rokok membuat jantung berdenyut lebih cepat dan keras. Perokok lebih mudah terserang serangan jantung dan stroke.

9. Pembuluh Darah
Merokok menyebabkan lapisan sel pada dinding pembuluh darah rusak. Akibatnya, lemak mudah tertimbun dan aliran darah terganggu.

Nah, bloggers postinga diatas udah cukup ngegmbarin kan zat-zat bahaya yang ada dirokok sama penyakit yang bisa menyerang si perokok itu.. Maknaya buat temen-temen bloggers yang dmeen ngerokok nih, stop deh dari sekarang !!!! Trus juga buat bloggers yang mungkin bokap nya juga suka merokok kasih tau dia baik-baik bahaya nya yang bisa terjadi.. Ok deh, smoga postingan gue kali ini bisa sangat bermanfaat ya..

7 komentar:

  1. aku gak ngerokok :3
    tapi kadang jadi perokok pasif gara2 kumpul sama orang yg merokok :/

    BalasHapus
  2. haha.. komiknya lucu. XD
    rokok itu emang bahaya. tapi tetep aja banyak orang yang ngerokok. padahal itu sama halnya dengan memasukan penyakit kedalam tubuh kita. iih ngeri -_-

    BalasHapus
  3. kalo gak salah ada fatwa haram ngerokok jg kan dari MUI? tpi kalo udah kecanduan emg susah buat berhenti, bapak ane ngerokok.. :|

    BalasHapus
  4. huahahaha keren kren...tapi ane juga perokok...

    BalasHapus
  5. kalo merokok itu 'mati dapet, enak dapet'

    kalo nggak merokok itu 'mati dapet, enak nggak dapet'
    :p #nah

    BalasHapus
  6. untung gue nggak ngerokok...hahah

    BalasHapus
  7. alhamdulillah yah saya perokor pasif Y____Y

    BalasHapus

trima kasih atas komentar kamu..